Bakteri fekal – Enterobacter – E.coli – Salmonella

Posted: August 1, 2014 in bucil On the Job

Apa hubungannya Bakteri Fekal – Enterobacteriaceae – Escherichia –Salmonella? Pertanyaan ini pernah diajukan untuk menguji seseorang ketika akan masuk dalam sebuah perusahaan tertentu, dan tentunya perusahaan di bidang makanan. Dibawah ini mungkin bisa sedikit enjawab pertanyaan tersebut…

  • Kehadiran kelompok bakteri fekal (Coliform Bacteria)adalah indikasi adanya kontaminasi fekal. Fekal menandakan adanya kondisi usus besar manusia.
  • Coliform bacteria merupakan bakteri gram negative, bulat/elips/lonjong, memfermentasi gula laktosa di suhu 37oC dan memproduksi gas.
  • Anggota bakteri koliform termasuk dalam family Enterobacteriaceae, yaitu : Citrobacter, Enterobacter, Escherichia, Hafnia, Klebsiella, Serratia dan Yersinia. Salmonella juga termasuk dalam Family tersebut.
  • Escherichia merupakan genus yang paling representative adanya kontaminasi fekal.
  • Kehadiran Escherichia belum tentu ada Salmonella tapi jika ada Salmonella maka kemungkinan besar atau dapat dipastikan adanya bacteri Escherichia.
  • Bakteri fekal sering dihubungkan dengan kontaminasi makanan karena kehadirannya dalam pangan akan membahayakan kesehatan manusia.
  • Escherichia – berbatanga pendek, Habitat utamanya adalah saluran usus manusia dan hewan, indicator pangan dan air telah mengalami pencemaran
  • Salmonella – berbatang pendek, aerobic. Habitat utamanya adalah saluran usus manusia dan hewan. Salmonella typhi menyebabkan demam tifus, beberapa spesies lainnya menyebabkan keracunan pangan.
  • Hati-hati dengan tangan manusia karena dapat menjadi media kontaminasi pangan.

Kurang lebihnya tolong dievaluasi saja…sapatau ada yang kurang atau bisa ditambahkan dari tulisan ini…oya, satu hal yang mau diberitahukan juga bahawa ‘mencuci tangan selama 20 detik akan sangat membantu dalam mengurangi kontaminasi silang. Untuk anak-anak, hal tersebut dapat mengurangi penyakit yang disebabkan kontaminasi dari tangan sebesar 53% (dari detikhealth)’..semoga membantu…hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s