Kenapa Dokter Bedah Memakai Jas Warna Hijau?

Posted: November 24, 2015 in bucil story

dokterbedahjpgSering kita lihat di layar kaca ataupun media informasi lainnya bahwa seorang dokter yg melakukan operasi menggunakan jas atau pakaian berwarna hijau. kenapa tidak berwarna putih saja yang biasa dipakai dokter ketika saat berkerja menghadapi pasien atau warna merah yang merupakan warna paling sensitif di otak.

Aasannya sederhana, Warna hijau membantu para dokter untuk melihat dengan lebih baik karena dua alasan.

Pertama, warna hijau bisa menyegarkan visi mata dokter dari hal2 merah seperti darah ataupun organ tubuh saat di bedah. karena saat oprasi pasti akan menghadapai warna yang cenderung semua merah sehingga mata akan menjadi kurang sensitif terhadap objek yang diamati dalam bagian dalam tubuh. Sinyal merah di otak akan memudar, yang bisa menyulitkan dokter melihat organ dan jaringan tubuh manusia. Sedangkan, jika dokter melihat sesuatu yang berwarna hijau dari waktu ke waktu, ia dapat membuat matanya lebih sensitif terhadap variasi dalam warna merah.

Kedua, harus ada pembedaan warna yang tidak mengganggu ilusi optik saat melakukan pembedahan. menurut ilmu optik (katanya sih begitu), penglihatan terus menerus warna merah akan lebih mudah disegarkan oleh warna hijau biru, bukan warna putih karena warna putih akan menghasilkan ilusi optik warna lain setelah melihat warna merah terus menerus. Ilusi optik ini terjadi karena putih memiliki semua spektrum warna, termasuk hijau dan merah. Namun, jika dokter melihat pakaian yang berwarna hijau atau biru, dan bukannya putih, ilusi yang mengganggu ini akan berbaur tepat dengan warna pakaian dan tidak akan menjadi gangguan.

Nah begitulah sekiranya….terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s