What is Staphylococcus aureus …

Posted: November 23, 2015 in bucil On the Job

Lama tak sua dan akhirnya nulis lagi….kali ini pingin bahas mengenai salah satu bakteri yang dianggap sebagai kontaminan penting dalam susu sehingga dalam standar baik di nasional maupun internasional jumlahnya harus dibatasi karena kecenderungan kemunculannya dalam produk susu. selain itu ada temen saya juga yang nanya mengenai bakteri ini. bakteri ini adalah Staphylococcus aureus.saureus

Staphylococcus aureus adalah bakteri gram positif dan secara umum sebagai flora normal pada manusia di kulit, rambut, hidung dan tenggorokan. kehadiran bakteri ini sampai 25% berada pada orang yg sehat sehingga tidak terlihat bahwa orang sehat pun telah bebas bakteri. ini salah satu yg bikin bakteri ini menjadi salah satu kontaminan serius dalam susu yg disebabkan karena material handling nya. selain itu juga, alat yg tersentuh kulit manusia yg ada bakterinya ya bisa menyebabkan kontaminasi pada susu juga.

oiya hampir lupa, berikut taksonimi atau klasifikasi ilmiah nya :
Domain : Bacteria
Kingdom : Eubacteria
Filum : FirmicutesKelas : Bacilli
Ordo : Bacillales
Famili : Staphylococcaceae
Genus : Staphylococcus
Species : Staphylococcus aureus

Bakteri ini dapat tumbuh dengan baik di suhu ruang dan memproduksi racun yg bikin sakit hingga kematian. S. aureus dapat menyebabkan infeksi serius pada aliran darah, pnemonia, tulang dan gabungan diantaranya. katanya sih di amerika setiap tahunnya ada 500rb pasien yg terkontaminasi bakteri ini.

penyebaran bakteri ini banyak terjadi pada makanan yang pengolahannya menggunakan handling manusia seperti sayuran dan daging, termasuk juga dalam pengolahan susu.

waktu inkubasi bakteri ini 1-6 jam dalam tubuh manusia hingga menyebabkan sakit tergantung dari jumlah bateri kontaminan awalnya. dan orang yg sakit bisa 24 – 48 jam jika ada proses pengobatan. gejalanya mual, enek, muntah2, diare, hilang nafsu makan, keram perut dan demam.

untuk pertolongan pertama harus minum yang banyak untuk mencegah dehidrasi dan membuang dengan cepat isi perut melalui cairan. jika tidak tertolong maka harus ke dokter.

untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri ini, maka material handling harus bagus, tidak ada atau seminim mungkin sentuh tangan, setiap mengolah makanan harus cuci tangan dulu, dan memasak makanan dengan sampai matang karena bakteri ini mati di suhu tinggi.

sekian dan terimakasih
semoga membantu dan buat sendiri sambil belajar dan mengingat kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s