EGOISME : Penyebab Kerusakan Alam dan Lingkungan

Posted: November 27, 2012 in bucil enviro

Apa hubungan egoisme dengan kerusakan lingkungan? Ada!

Egoisme dan ketidakpedulian kita adalah penyebab timbulnya segala permasalahan lingkungan yang kita alami hari ini, dan mungkin nanti. Banyak dari kita hanya memikirkan kenyamanan pribadi tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi pada lingkungan sekitar kita maupun secara keselurahan. Dahulu hanya yang punya uang saja yang bisa seenaknya, sekarang semua kalangan sudah tidak mempedulikan peringatan atau himbauan untuk melakukan penghematan energi.

“Ah, saya mampu membayar berapapun tagihan listrik yang ada jadi terserah saya dong pakai listrik sesuka saya”. begitu kata orang kaya. “buang sampah aja disungai itu, ntar kan ikut ngalir ama airnya”. begitu kalo kata orang “miskin”.

renungkanlah kawan, berapa banyak energi yang sudah terbuang krn kesombongan pribadi. banyak orang yang sering membeli yang tidak dibutuhkan. apalagi saat ini banyak barang2 instan sekali pakai. banyak orang memilihnya dan langsung buang, beli buang lagi. begitu juga mengenai BBM yang ternyata saat ini menjadi salah satu sumber permasalahan bagi manusia itu sendiri, ya..krn manusia egois.

mungkin juga ada yg berpikir bahwa ‘bukankah kita memiliki energi alternatif?’ tetap saja semua semua itu tidak gratis. contohnya biofuel yang masih menjadi perdebatan karena menyebabkan kerusakan lingkungan karena penanaman tanaman membutuhkan lahan yang tidak sedikit.

baiklah…begini…kita memang tidak bisa secara langsung menghentikan semua, tapi mulailah memperlambat kerusakan yang akan terjadi, lalu kita akan mengehentikannya. itu lebih mudah.

berhematlah dalam segala bentuk yang kita bisa. lakukanlah untuk dunia, lakukanlah untuk generasi berikutnya. lakukanlah dari hal yang kecil dai dirimu untuk menjaga alam ini.

 

Leave a comment