Mentega Vs Margarin

Posted: April 28, 2015 in bucil On the Job

Apa perbedaan mentega dan margarin, sedangakan bentuk dan warna nya hampir sama dan penggunaannya pun sama untuk makanan atau kue. nah kita coba liat beberapa perbedaan dasar antara mentega dan margarin, setidaknya kita tau kl di supermarket mana yg mentega dan mana yg margarin. berikut perbedaannya :

1. Mentega. Terbuat dari susu, biasanya dari susu hewan. Teksturnya lembut dan mudah meleleh pada suhu hangat. Mempunyai aroma yang enak seperti susu. Warnanya kuning pucat (lebih muda dari margarin). Karena terlalu lembut dan daya emulsi nya yang kurang baik, maka jarang dipakai untuk membuat kue karena membuat kue teksturnya menjadi kurang kokoh. Mentega biasanya mengandung vit A, D, protein dan karbohidrat. Memiliki kandungan lemak jenuhnya yang tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan.

2. Margarin. Terbuat dari tanam-tanaman (nabati). Terkturnya kaku, stabil di suhu ruang, teksturnya yang stabil ini karena adanya hidrogenasi namun membentuk lemak trans yang akan menaikkan kolesterol jahat. Warnanya lebih kuning dan aromanya tidak seenak mentega. Margarin mempunyai daya emulsi yang baik sehingga sering dipakai untuk membuat kue yang teksturnya lebih kokoh. Margarin kaya akan lemak tak jenuh, mengandung omega3 dan omega6.

Yak sekian dulu sekilas mengenai perbedaan mentega dan margarin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s