INGUS

Posted: April 12, 2015 in bucil health

imagesPada saat kita terkena sakit flu, salah satu gejalanya adalah munculnya ingus dalam hidung yang bagi saya itu mengganggu, baik saya harus ‘sruput-sruput’ ataupun bisa bikin mampet saluran hidung. Tapi sebenernya ingus itu apa sii..mari kita coba bahas apa itu ingus.

Lapisan mukosa dalam hidung terdapat kelenjer lendir yang secara normal akan mengeluarkan lendir dengan jumlah yang cukup dengan tujuan membantu menjaga saluran hidung tetap lembab serta mencegah masuknya debu atau benda asing dari udara. lendir ini mengandung air, protein dan antibodi.

Nah, saat terjadi peningkatan jumlah lendir dalam saluran hidung yang menyebabkan hidung meler, inilah yang namanya ‘ingus’. jadi sebenarnya ingus itu adalah lendir yang jumlahnya berlebih. lalu kenapa ini bisa terjadi? lendir yang diproduksi berlebih merupakan mekanisme tubuh yang bertahan untuk mengusir virus yang dibawa saat infeksi terjadi serta untuk mengusir zat-zat alergen pada reaksi alergi. lalu warna ingus juga bisa bermacam-macam, berikut sedikit penjelasannya :
1. ingus yang encer dan bening. ini warna normal ingus. jumlah yang berlebih ingus berwarna bening ini menandakan adanya gejala flu.
2. ingus kental berwarna kuning. saat terjadi flu, sistem tubuh akan mengirimkan sel-sel darah putih untuk melawan virus dan bakteri. sel darah putih (neutrofil) ini mengandung enzim dan berwarna kuning kehijauan sehingga dalam jumlah banyak akan membuat ingus menjadi berwarna kuning kental.
3. kedua warna diatas adalh warna normal ingus saat flu, namun ada beberapa warna lain yang dianggap tidak normal sehingga butuh penanganan lebih lanjut. seperti ingus berwarna merah yang artinya bercampur darah, bisa disebabkan karena ada yg luka dalam saluran hidung tersebut. ingus berwarna hitam yang artinya terlalu banyak debu atau kotoran yang masuk dan terperangkap dalam lendir tersebut. dan ada juga warna biru karena adanya kontaminasi bakteri tertentu yg mengeluarkan pigmen kebiruan.

Lalu bagaimana pengobatannya agar tidak ada ingus lagi? sakit flu sering disebabkan oleh kehadiaran virus influenza. banyak orang yang salah kaprah cara nyembuhin flu adalah minum antibiotik. sebenarnya flu tidak harus diberi antibiotik karena antibiotik itu untuk bakteri. jadi cukup minum vitamin agar kekebalan tubuh makin kuat untuk menyerang virus nya.

demikian dulu cerita tentang ingus. jadi wajar saja kl sakit flu akan muncul ingus. dan secara normal jika tubuh benar-benar dijaga kesehatannya akan sembuh sendiri sekitar 10 hari.

Sumber : salah satunya dari detik health.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s