Water Vapor Transmission Rate (WVTR)

Posted: March 3, 2015 in bucil On the Job

Dalam menjaga kondisi makanan dalam kemasan, kelembaban menjadi salah satu hal yang krusial untuk mempertahankan kualitas makanan dan mencegah perubahan tekstur, rasa, dan warna. kehadiran air dalam kemasan akan sangat mempengaruhi kondisi produk dan memperpendek shelf life. barier utama dalam menjaga kelembaban adalah kemasan. maka kemasan yang baik harus dapat mencegah uap air bermigrasi ke dalam kemasan.

Water Vapor Transmission Rate (WVTR) atau sering juga disebut Moisture Vapor Transmission Rate (MVTR) adalah metode untuk mengukur jumlah uap air yang dapat melewati lapisan kemasan. satuan unit yang umum dipakai untuk metode ini adalah gr/m2-d (berapa banyak (gram) yang lewat dalam satuan meter persegi dalam satu hari). semakin tinggi nilai wvtr maka permeabilitas kemasan juga tinggi maka semakin banyak uap air yang masuk ke dalam kemasan. metode baku untuk mengukur WVTR adalah ASTM F1249, namun metode2 lain juga tersedia.

index Gambar disamping adalah simulasi bagaimana dan berapa banyak uap air yang melewati kemasan. sisi sebelah kiri kemasan adalah gas nitrogen (N2) dan sebelah kanan kemasan adalah air (H2O). jika ada uap air yang melewati lapisan kemasan maka akan terbaca di sisi kiri kemasan karena seharusnya tidak boleh ada uap air di bagian sebelah kiri. metode tersebut adalah gambaran singkat dari suatu alat ukur untuk menentukan nilai WVTR. berikut link untuk melihat videonya.

Faktor internal untuk nilai WVTR adalah ketebalan bahan, jenis bahan, coating kemasan dan ikatan polimer bahan. Faktor external yang mempengaruhi daya tembus adalah beda tekanan, suhu, dan kelembaban udara. oleh karena itu, pemilihan kemasan dan tempat penyimpanan produk yang sudah dikemas menjadi penting juga untuk menjaga/menahan meningkatnya nilai WVTR.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s