Gula Rafinasi Vs Gula Kristal Putih

Posted: January 14, 2015 in bucil On the Job

Masyarakat Indonesia lebih banyak mengenal gula yang ada di pasaran sebagai gula pasir. Di Industri juga menggunakan gula pasir. Namun ternyata gula pasir yang ada pasar dan yang biasanya digunakan di industri makanan adalah berbeda. Gula pasir yang kita kenal di pasaran disebut sebagai Gula Kristal Putih (GKP) sedangkan yang biasa digunakan di industri makanan adalah gula rafinasi.

Lalu apa bedanya gula rafinasi dengan GKP? Gula rafinasi adalah gula mentah (raw sugar) yang telah mengalami pemurnian untuk menghilangkan molase sehingga warnanya lebih putih. Rafinasi berasal dari kata refinery yang artinya menyuling, menyaring, membersihkan, maka tak heran jika gula rafinasi sangat tinggi tingkat kemurniannya. Sedangakn GKP adalah gula yang langsung berbahan baku tebu dan penampakan warna gula ini lebih kuning bahkan kemerahan, jadi warna icumsa nya lebih tinggi dibandingkan icumsa dari gula rafinasi. GKP mempunyai warna icumsa sekitar 150 – diatas 300 sedangkan gula rafinasi mempunyai icumsa sekitar 45.

Berdasarkan informasi bahwa gula rafinasi menggunakan bahan dasar gula mentah (raw sugar) yang dibeli secara import dimana harganya untuk menghasilkan gula rafinasi lebih murah dari GKP. Sedangkan GKP berbahan dasar langsung tanaman tebu dan tersedia banyak di Indonesian sehingga produksi GKP dianggap lebih menguntungkan petani lokal. Jika dilihat dari harga, gula rafinasi lebih murah dari GKP sehingga dianggap merusak harga gula pasir di pasaran. selain itu, gula rafinasi tidak boleh dikonsumsi lgsg (masih dilematis) dan penjualannya hanya untuk industri makanan sehingga seharusnya di pasaran yang terjual adalah GKP.

Secara organoleptik, gula rafinasi berwarna putih sedangkan GKP lebih kuning. Namun rasa GKP lebih manis dibandingkan gula rafinasi. Hal ini juga dapat dilihat kebanyakan warga lebih memilih GKP karena dianggap menggunakan satu sendok saja sudah manis dibandingkan gula rafinasi harus menggunakan 2 sendok. Secara kualitas, gula rafinasi lebih higien dibanding GKP karena pemurnian gula rafinasi lebih banyak tahapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s