Kupilih Engkau Karena Allah

Posted: July 29, 2014 in bucil book review

Sahabat, banyak alasan kita mencintai seseorang, baik dari fisik,sopan santun, kekayaan, dan agamanya. nah pada buku ini akan diulas mengenai cara memilih pasangan hingga ketika sudah memilih pasangan (siap menikah). di bawah ini ringkasan singkat yang ada di buku..

‘karena cinta harus memilih.’
barang siapa menikahi seorang wanita karena memandang kedudukannya maka Allah akan menambah baginya kerendahan.barang siapa menikahi wanita karena harta bendanya maka Allah akan menambah baginya kemelaratan.barang siapa menikahi wanita karena keturunannya maka Allah akan menambah baginya kehinaan.namun barang siapa menikahi wanita karena ingin menundukkan pandangannya dan menjaga kesucian farjinya atau ingin mendekatkan ikatan kekeluargaan maka Allah akan membarakahi bagi istrinya dan membarakahi istrinya baginya.
jadi memilih pasangan ada krn 4 hal yaitu harta,kecantikan,keturunan dan agamanya.maka pilihlah karena agamanya.
menikahlah karena Allah. maka pilihlah wanita karena agamanya.

dalam memilih pasangan,banyak sekali indikatornya…banyak yg bisa dinilai,tp Rasulullah pernah bersabda ‘sesungguhnya wanita yg terbaik di antara kamu adl yg subur,besar cintanya,teguh memegang rahasia,tabah menderita,bersedia mengurus keluarganya,patuh thdp suaminya,pesolek bagi suaminya,membentengi diri dr laki2 lain,mau mendengar ucapan suami dan menaati perintahnya,serta bila ia sendirian dengan suaminya ia pasrahkan dirinya pada kehendak suaminya dan tidak berlaku dingin kepada suaminya’.

‘mengenali pasangan sesuai tuntunan’
yang namanya menikah artinya akan hidup bersama selamanya,dan artinya tidak mau salah pilih dalam memilih pasangan yg akan menemani kita sampe akhir hayat.
nah,diperbolehkan sebelum menikah adlh mengenali pasangan,jd bukan sekedar tahu nama,alamat,tanggal lahir atau biodata lainnya.
namun cara mengenali pasangan juga harus sesuai tuntunan,yaitu saling menjaga masing2 dan tidak boleh lama2.tujuan mengenali pasangan adalah mengetahui kelebihan dan kekurangan yg akan kita lengkapi nanti saat menikah,bukan untuk mencari aib atau kelemahan/kekurangannya saja.
jika sudah sesuai harus segera dinikahkan.
jd intinya mengenal pasangan seblum nikah itu boleh asal sesuai tuntunan.tidak berlebihan.secukupnya saja.

‘saatny untuk memilih’
memilih pasangan banyak caranya…yaitu dijodohkan,dikenalkan oleh kerabat,hingga memilih sendiri.
wanita juga berhak memilih pasangannya.jd bukan cowo aja yg memilih,wanita juga bisa memilih.
saat lamaran pun,jika wanita tidak suka bisa menolak dg alasan yg kuat.
wanita ketika dilamar,jika diam artinya menerima.
mgkn ada bbrp org yang belun dapet jodoh sehingga dijodohkan.
ada juga yg jodohnya dikenalkan kerabat.
naha ada juga yg menentukan sendiri pilihannya dg ridho dr ortu.

‘bila sudah menentukan pilihan’
bila sudah menentukan pilihan,mari yakinkan diri kepada Allah bahwa ini adalah yg terbaik dariNya.berbaik sangka atas segala nikmat dan karunianya.berani mencintai,berani menyiapkan diri untuk segera menikahi.dibawah ini yg perlu dilakukan sebelum menikah namun sudah menentukan pilihan
Benahi diri,luruskan niat kembali.mulainya dari niat,prosesnya terkait niat dan hasilny tergantung niat.maka mari kembali mengatur niat bahwa menikah niatnya adalah ibadah.
Bulatkan tekadmu.yakinlah bahwa menikah mengundang pertolongan Allah,jd jangan takut menikah krn ini itu.penuhi tekad saja dan yakinkan diri pada Allah.
mengkhitbah dengan hamdalah,salawat dan syahadat.
jangan buka pintu dua kali.ketika pria sudah meminang wanita,maka tidak boleh meminang wanita lain dan ketika wanita sudah dipinang oleh pria maka tidak boleh menerima pinangan pria lain.
Antara khitbah dan nikah.perbaiki diri,persiapkan diri untuk menjalani rumah tangga.
Yakinkan diri bermohon pada Ilahi.selalu berdoa agar perjalanannya dilancarkan,direstui dan dimudahkan.baik calon suami/istri pun sama2 berdoa untuk jalannya menuju pernikahan.

‘kupilih engkau karena Allah’
Dengan bismillah aku menikah.semoga langkah pernikahan penuh berkah,bahagia dan berbuah pahala.
Mencintaimu sepenuh hati.saat seorang pria menyatakan meminang wanita maka dia menyatakan siap bertanggung jawab untuk hidupnya.saat wanita menyatakan penerimaan atas pinangan,maka ia bersedia menyerahkan seluruh hidupany.maka cintailah pasanganmu sepenuh hati kapanpun.
Engkau yg tercantik dalam hidupku.Rasulullah memberi pesan ‘pilihlah wanita yg memiliki agam maka engkau akan beruntung’ sedangkan imam Ghajali mengatakan ‘pilihlah istri yg cantik agar engkau tidak bosan’.alhmdlh istriku cantik sekali wahai wida sayangku.
Ada cita,cinta dan cerita bersama.ketika menikah berbagai kisah akan dilewati bersama.apapun itu.suka dan duka akan dlewati juga.
Komitmen bersama untuk selalu di jalanNya.
Suka duka bersama.
Bersamamu aku bahagia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s