Sisi Kelam ‘Golden Gate Bridge’

Posted: May 11, 2014 in bucil enviro

indedxJembatan Golden Gate adalah sebuah jembatan gantungdi sepanjang Golden Gate, sebuah sisi dari Samudra Pasifik ke Teluk San Fransisco. Dia menghubungkan kota San Fransisco California di Semenanjung San Fransisco dan Marin, California. Panjang jembatan keseluruhan 2.727 m, jarak antara menara adalah 1.280 m, dan ketinggiannya adalah 230 m di atas permukaan air.

Di luar statusnya sebagai simbol kota San Fransisco, saat dibangun jembatan ini memperoleh reputasi yang cukup terhormat – yaitu minimnya angka kecelakaan kerja. Selama pembangunan berlangsung, jumlah pekerja yang tewas karena kecelakaan kerja adalah sekitar 11 orang. Ini adalah angka yang istimewa pada jamannya, karena pada pembangunan bendungan Hoover misalnya, lebih dari 100 orang pekerja tewas. Rendahnya tingkat kematian dalam proses pembangunan jembatan Golden Gate adalah karena dipasangnya jaring penyelamat. Tidak kurang dari 19 pekerja bisa diselamatkan oleh jaring ini.

Bila pada proses pembangunannya jembatan Golden Gate menjadi panutan bagi keselamatan kerja, tidak demikian pada saat jembatan ini selesai dibangun. Selain berfungsi sebagai jembatan – tempat ini ternyata juga memiliki catatan sebagai tempat favorit untuk…. Suicide (bunuh diri)

Tidak ada bangunan di dunia ini yang bisa menandingi jembatan Golden Gate sebagai tempat favorit untuk bunuh diri. Sejak selesai dibangun hingga saat ini, diperkirakan 1300 kasus bunuh diri berlangsung di jembatan ini. Angka rata-ratanya adalah 1 kasus setiap dua minggu. Sedemikian banyaknya kasus bunuh diri – sampai-sampai pihak otoritas jembatan berhenti menghitung saat angka bunuh diri mencapai 1000 di tahun 1995). Sejak awal tahun 2005 saja, tercatat 20 kasus bunuh diri berlangsung di jembatan ini. Sebagian dari kasus bunuh diri ini terekam di kamera yang dipasang di beberapa bagian jembatan saat seorang pembuat film dokumenter Eric Steel memasang kamera di tempat ini.

beberapa video bunuh diri di Golden Gate :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s