kalibrasi, verifikasi, standarisasi, adjusment, tare

Posted: December 15, 2012 in bucil On the Job

Apa beda antara kalibrasi, verifikasi, standarisasi, adjustment, dan tare? Nah coba kita lihat perbedaannya…dan ini adalah ringkasan dari berbagai literatur..

Kalibrasi adalah membandingkan hasil alat ukur dengan bahan ukur yang standar. jadi kita harus punya bahan ukur yang standar dan alat yang mau dikalibrasi. namun kita  pastikan dulu kalo alat tersebut masih dapat digunakan dengan baik. Hasil kalibrasi ada 2 yaitu

–          Penetapan nilai besaran ukur

–          Penetapan koreksi yang berkaitan dengan penunjukkan alat ukur

Jadi nanti abis kalibrasi bisa keliatan apakah alat ukur kita menunjukkan angka berapa jika dibanding dengan bahan ukur yg standar. Selain itu, kita tahu deviasi alat ukur kita berapa. Makin kecil deviasiny maka makin bagus alat ukur tersebut. Kalibrasi bisa dilakukan secara internal dan eksternal. Kalo kalibrasi external dilakukan oleh badan/lembaga yang sudah memiliki akreditasi penguji kalibrasi misalnya KAN. Hasilnya adalah sertifikat kalibrasi. Nanti akan muncul ketidakpastian alat tersebut di tingkat kepercayaan berapa persen.

Kalo verifikasi, itu membandingkan alat ukur dengan bahan besaran ukur yang diketahui nilai ukurnya. Misalnya saja timbangan, membandingkan bahan yg diketahui beratnya contoh, berat produk, berat anak timbang, atau apapun yg sudah diketahui beratny. Hasilnya hanya apakah timbangan tersebut menunjukkan angka yg sama dengan berat yg sudah tertulis nilainy.

Kalo standarisasi itu biasanya terjadi pada larutan yang digunakan untuk menentukan nilai dari kandungan bahan. Misalnya larutan asam untuk menentukan kandungan basa dengan metode titrasi asam basa. Nah larutan asam sebagai titratorny harus di standarisasi dengan larutan standar.

Adjusment adalah mengembalikan suatu alat ukur kedalam suatu keadaan kerja yang sesuai dengan kegunaannya. Jadi misalnya refraktometer kita menyimpang hasilnya dengan larutan satandar. Nah alat tersebutbisa dilakukan adjustment sesuai dengan nilai benar.

Tare yang kita tau adalah mengnolkan alat. Namun di lembaga metrology, tare adalah melakukan verifikasi dan mengadjusment alat. Meng-tare-kan alat hanya boleh dilakukan oleh lembaga motrologi legal. Biasanya yg dilakukan tare adalah pom bensin dan alat ukur untuk jual beli yg berhubungan dengan ekonomi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s