jatuh bangun aktivis muda

Posted: November 22, 2012 in bucil story

ini tulisan saya pas kuliah dulu, baru nemu di folder yg ngumpet…lumayan lah, saya pindahkan ke blog saya saja…

“Masa muda tidak boleh dilewati sembarangan, masa muda harus diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, masa muda….”. Banyak kata-kata yang menyebutkan bahwa masa aktif manusia adalah di masa mudanya. Dan itu memang benar, tinggal masing-masing pribadi saja yang menentukan apa yang akan dilakukan pada masa mudanya.

Apalagi kita saat ini yang menyandang status mahasiswa. Kata maha di depan kata siswa menjadikan manusia itu diatas dari pelajar lainnya. Namun kata itu memberi arti penting bagi kehidupan mahasiswa yang menyadarinya. Tidak boleh dipungkiri bahwa mahasiswa menjadi punggung masyarakat, penengah antara penguasa dan rakyat dan tangan-tangan mahasiswa selalu ditunggu oleh lingkungan sekitarnya. Peran aktif mahasiswa ini bukanlah didasari dari sesuatu yang kosong, melainkan didasari dengan ilmu dan kesadaran.

Penggulingan Soeharto tahun 1998 merupakan puncak peran aktif mahasiswa yang melihat kesewenangan penguasa dan telah merubah kehidupan masyarakat sejak masa itu. Saat ini masih banyak cerita dari aktivitas mahasiswa yang telah mengeluarkan tangan-tangannya untuk masyarakat dan lingkungan sekitar.

Namun dibalik cerita itu, banyak sukaduka yang dialami olehnya. Tidak mudah untuk merencanakan sesuatu. Banyak yang harus dilakukan untuk melakukan sesuatu. Dimulai dari adanya tukar pikiran, pembahasan masalah sampai melakukan kegiatan. Dimulai dari waktu, tenaga dan kadang-kadang harus mengeluarkan biaya, itu merupakan hal yang harus dikrobankan untuk merencanakan kegiatan. Bahkan tidak sedikit yang jatuh sakit, hanya karena tidak makan untuk kegiatan itu, tidur hanya 1-3 jam dalam satu hari, dan tenaga terus digunakan dan itu membuat badan manjadi lemah. Hal ini yang sering dihadapi oleh para aktivis muda. Tidak sedikit juga yang harus ke luar kota dan mencari seseorang hanya untuk mencari data. Kita akan sangat lelah untuk mengurusi itu semua. Tapi hal itu tidak sebanding dari kegiatan yang dilakukan, hal itu sangat kecil ukurannya dari apa yang akan kita berikan kepada masyarakat, hal itu bukan apa-apa dibandingkan apa yang akan kita berikan pada lingkungan sekitar. Dan semua yang kita lakukan menjadi sangat penting dan perencanaan merupakan langkah berat namun penting yang memang harus kita lakukan. Semua hal butuh perjuangan dan pengorbanan. Perjuangan kita tidak akan terhenti sampai kita berhasil melakukan sesuatu yang berguna.

Kegiatan yang berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar merupakan kebanggaan dan impian bagi para aktivis muda. Semua pengorbanan yang telah dilalui seakan-akan telah tergantikan dengan tujuan yang telah tercapai. Dan hingga saat ini, perjuangan untuk rakyat dan lingkungan masih belum selesai. Tangan-tangan dari manusia penyadar ditunggu untuk menyelamatkan kebenaran dan keadilan. Mari kita bersama-sama membangun sikap mental positif untuk keselamatan dunia.

 

Tips singkat aktivis tetap aktif

Biasanya aktivis muda merupakan manusia super tapi suka menyepelekan hal-hal kecil yang dapat membuatnya jatuh di suatu waktu, maka diperlukan sedikit tips untuk menjaga aktivitasnya tetap terjaga, yaitu:

1. Makan teratur

Sangat berat melakukan hal yang satu ini. Biasanaya waktu istirahat kuliah dipakai untuk rapat sehingga tidak sempat untuk makan. Oleh karena itu, usahakan berikan sedikit waktu untuk mengisi perut anda. Daripada sakit lebih baik mencegah bukan?

2. Istirahat

Waktu istirahat juga biasanya dipakai untuk memikirkan aktivitasnya sehingga mereka hanya tidur 1-3 jam setiap harinya. Hal ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Satu penelitian bahwa orang yang tidurnya kurang menyebabkan daya tangkap di kemudian hari juga kurang. Jadi cobalah istirahatkan sejenak tubug anda.

3. Akademis

Kita dikirim kuliah untuk belajar. Itu yang utama. Jangan sampai kegiatan lain malah menghabiskan waktu dan tidaka ada kesempatan untuk belajar. Cobalah mengatur waktu untuk berbagi antara akdemis dan aktivitas non akademis.

Tips diatas adalah kegiatan yang wajar yang ahrus dilakukan manusia. Tapi ini yang sering ditinggalkan dan ternyata ini yang sering membawa bencana. Seaktif apapun kita, jangan sampai lupa dengan hal-hal kecil yang harus kita lakukan. Ingatlah kita bisa menjadi besar dari hal kecil.

Diantara semua tips dapat dirangkum jadi satu, yaitu manajemen waktu. Kita harus dapat membagi semua kegiatan kita diantaranya : ibadah, makan, akademis, istirahat dan lainnya. Ayo kita belajar untuk mengatur waktu kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s