HACCP

Posted: June 20, 2012 in bucil On the Job

HACCP – Hazard Analysis and Critical Control Point. itu singkatannya, trus apa itu HACCP?ya gampangnya HACCP adalah sistem analisa bahaya dan dan pengendalian titik kritis. tiap tahap proses produksi mempunyai titik bahaya yang dapat menyebabkan mutu makanan yang dihasilkan menjadi tidak baik, oleh karena itu dibutuhkan pengendalian sistem bahaya dan titik kritisnya. HACCP bukan berarti sistem yang zero resiko, tapi meminimalkan resiko bahaya kemanan pangan. ingatlah bahwa makanan adalah sumber utama untuk mendukung kebutuhan manusia.

kalau tidak cermat, maka makanan itu dapat menjaditidak aman bagi manusia. coba aja ambil contoh susu bayi yang terkontaminasi bakteri zakazaki. jadinya malah ga aman buat bayi kan…banyak juga cerita2 lain yang dapat menyebabkan makanan menjadi tidak aman untuk dimakan.

trus dibagian mana HACCP diterapkan? jadi HACCP itu dapat diterapkan di seluruh rantai produksi pangan, mulai dari bahan baku, penyimpanan bahan baku, penggunaan bahan baku, proses produksi, packing, penyimpanan pangan, distribusi pangan bahkan sampai ke konsumen menjadi rantai HACCP.

HACCP terkenal dengan 7 prinsip yang dijadikan dalam sistem pengawasan pangan. 7 prinsip ini dimanapun akan selalu sama dan tidak berubah. 7 prinsip HACCP adalah :

  1. daftar semua potensi bahaya, lakukan analisa bahaya, dan tentukan tidakan pencegahan
  2. tentukan CCP (critical Control Point / titik kritis)
  3. tetapkan batas kritis tiap CCP
  4. tetapkan sistem monitoring setiap CCP
  5. tetapkan tindakan koreksi untuk penyimpangan yang terjadi
  6. tetapkan prosedur verifikasi
  7. penyimpanan catatan atau dokumentasi

bahaya yang dapat muncul dapat dibagi menjadi bahaya biologis, fisika, dan kimia.

untuk tiap prinsip juga ada pengertiannya masing-masing dan dapat dilihat disini,

kunci dari HACCP adalah -Antisipasi bahaya, -identifikasi titik pengawasan, -mengutamakan tindakan pencegan daripada mengandalkan pengujian produk akhir. walaupun sebenarnya pengujian produk akhir iru penting, tp hampir tidak mungkin 100% produk dilakukan pengecekan akhir, hal itu karena memakan waktu dan biaya yang mahal. maka untuk menjamin produk itu aman adalah menjamin tiap proses aman.

lalu ada persyaratan dasar untuk melakukan HACCP, yaitu GMP dan SSOP. karena jika kedua hal itu tidak ada maka sangat sulit melakukan HACCP. jadi sebelum melakukan sistem HACCP, maka terapkan dulu GMP dan SSOP.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s