tangan kita banyak bakteri

Posted: April 3, 2012 in bucil health

bagian tubuh mana yang paling banyak mengandung bakteri? saya pikir teman2 juga sudah tahu jawabannya…yap benar, bagian tubuh yang paling banyak mengandung bakteri adalah tangan. hal ini bukan hasil dari duga menduga atau kemungkinan saja, tapi hasil ini didapatkan dari sebuah penelitian kecil yang dilakukan oleh suatu lembaga. di bawah ini singkat cerita penelitian tersebut :

National Human Genome Research Institute, Bethesda, Maryland menyatakan bahwa tubuh merupakan tempat bersarangnya bakteri dalam jumlah besar. Selama percobaan peneliti memilih kelompok relawan untuk menggunakan sabun yang sama tanpa mengandung antibacterial selama seminggu. Kemudian mereka disuruh untuk tidak mandi selama sehari.

Pada akhir percobaan, para ilmuan mengambil ratusan smears dari berbagai bagian tubuh. Ternyata lebih dari 1.000 jenis bakteri hidup di tubuh manusia, berada di dalam sistem pencernaan dan yang lebih banyak lagi konsentrasi bakteri terdapat pada bagian tangan. Para ilmuwan yakin bahwa tangan menyentuh banyak kotoran sepanjang hari dan jam.” (www.lifestyle.dnaberita.com)

tangan manusia menjadi media yang sangat baik bagi bakteri untuk berpindah tempat. banyak benda dan kotoran yang telah dipegang tangan manusia, dan juga tangan manusia yang paling terbuka ke udara. cara yang baik untuk selalu mengurangi jumlah bakteri dalam tangan adalah mencuci tangan dengan sabun.

mari kita dukung gerakan cuci tangan dengan menggunakan sabun. PBB menetapkan tanggal 15 oktober sebagai hari cuci tangan sedunia. kegiatan ini akan memobilisasi jutaan orang di dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. maka dari kita sendiri mulailah menetapkan setiap hari adalah cuci tangan dengan sabun…

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s