dehidrasi

Posted: April 2, 2012 in bucil health

Apakah Anda Dehidrasi?

 Anda merasa haus lalu tiba-tiba merasa pusing? Jangan tunda lagi, segeralah minum air. Sebaiknya air putih. Sebab jika kurang air minum, bisa menjadi salah satu penyebab kekurangan cairan atau dehidrasi. Terganggunya keseimbangan cairan di tubuh juga akan menggaggu keseimbangan elektrolit darah. Penyebabnya sepele tapi akibatnya bisa serius.

Sekitar 60% komposisi tubuh manusia adalah air. Jika tubuh kehilangan 5 – 10% cairan, terjadilah dehidrasi.

Kalau haus, minum air putih saja.

Idelanya, segera minum air putih saat kita merasa haus. Tapi kenyataannya, ketika haus sering kali kita lebih memilih minuman dingin, manis, atau beraroma, karena rasanya lebih enak. Umumnya orang lebih suka minuman manis, mulai teh, es krim, susu, minuman ringan hingga minuman isotonik.

Menurut para dokter, air putih bersuhu kamar adalah pilihan terbaik di saat tubuh butuh cairan. Air putih adalah cairan yang paling mudah diserap oleh tubuh dan dengan segera menggantikan cairan tubuh yang hilang. Kebiasaan mengonsumsi minuman manis bisa mengakibatkan obesitas, sebab kandungan gula dalam darah yang berlebih tidak dibuang oleh tubuh tetapi diubah menjadi lemak.

Minumlah walau tidak haus

Ketika tubuh sudah kekurangan cairan, sebenarnya gejalanya dapat dikenali dari rasa pusing, tidak dapat berkonsentrasi dan tubuh terasa letih. Bahkan rasa haus adalah tanda awal dari dehidrasi. Hal tersebut merupakan sinyal bagi tubuh yang sedang kekurangan cairan. Karena itu biasakanlah minum air putih secara teratur walaupun tidak merasa haus. Namun kadangkala kita lupa melakukannya, karena sering tidak merasa ketika terlalu asik bekerja, apalagi di ruangan ber-AC seperti dalam ruangan kantor. Ruangan dingin yang kering di dalam ruangan ber-AC sudah menguasr cairan dari kulit kita. Bahkan bernafas pun mengurangi cairan tubuh. Cairan tubuh yang berkurang lewat kulit dan pernafasan saja sudah sekitar satu liter perhari.

Secara umum manusia membutuhkan air sebanyak dua liter atau setara dengan delapan gelas setiap hari. Jumlah tersbut rata-rata untuk orang dewasa sehat, sedangkan jika ada gangguan kesehatan, dokter akan memberikan anjuran sesuai kondisi kesehatannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s