Terkilir

Posted: April 1, 2012 in bucil health

Terkilir (keseleo) pasti sudah tidak asing lagi untuk temen2 yang suka berolahraga. mengapa ini bisa terjadi?

terkilir merupakan bahasa awam dari sprain dan strain, yang artinya terjadi semacam tarikan pada sendi yang dikarenakan gerakannya tidak benar.  sprain adalah teregangnya ligamen (jaringan ikat/penghubung yang kuat) sehingga menimbulkan robekan parsial/sebagian. sedangkan strain adalah teregangnya otot dan tendon (jaringan ikat/penghubung yang kuat yang menghubungkan otot dengan tulang). insiden terkilir sering terjadi pada ankle/pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan ruas-ruas jari.

seseorang dikatakan terkilir apabila ligamen diregangkan mendadak sehingga ada serat2 yang menegang, bahkan putus atau robek. penyebab terkilir bisa bermacam-macam, bisa dikarenakan kecelakaan, sedang berolahraga dan lain-lain.

bila terjadi insiden terkilir, penanganan pertama garus tepat yaitu segera berhenti melakukan aktivitas, kemudian diberikan ice di daerah yang terkilir yang berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah yang melebar sehingga mengurangi bengkak. dan yang terakhir, pada bagian yang terkilir, jangan terlalu dipaksakan untuk digerakkan tapi jangan juga selalu didiamkan. latihlah sedikit demi sedikit agar kondisinya kembali seperti semula.

ingat, terkilir dapat terjadi pada semua umur dan jenis kelamin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s